Komunikasi langsung dan tidak langsung kepada pelanggan

A.Komunikasi Langsung
Komunikasi langsung adalah komunikasi yang terjadi apabila para petugas pelayanan bertemu secara langsung dan saling bertatap muka.
Langkah-langkah komunikasi langsung dengan pelanggan adalah:
         1.Sapalah pelanggan dengan ramah dan sopan
         2.Hindari sapaan yang dapat menyinggung perasaan                          pelanggan
3.Berbicaralah singkat,padat,dan jelas,jangan bertele-tele
4.Ucapkan terimakasih kepada pelanggan
5.Tanyakan maksud dan keperluan pelanggan dengan penuh keakraban
6.Jangan sekali sekali berbicara menggurui
7.Jika produk yang dicari tidak ada,arahkan pembiacara kepada produk lain dengan manfaat yang sama
8.Berikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang produk dan informasi lain yang diinginkan pelanggan
B.Komunikasi Tidak langsung
Komunikasi tidak langsung adalah komunikasi yang terjadi jika seseorang tenaga penjual tidak berhadapan secara langsung dengan pembeli.Media komunikasi adalah alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi seseorang kepada orang lain demi tercapainya tujuan yang ditemtukan.

 Alasan menggunakan media komunikasi adalah sebagai berikut:
1.  Pesan yang disamoaikan sangat kompleks dan terperinci
2.   Jarak antara penjual dan pembeli cukup jauh
3.   Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh penjual maupun pembeli
Berikut ini adalah media komunikasi yang sering digunakan dalam komunikasi tidak langsung:

1.   Surat
Surat adalah alat untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis dari satu pihak kepihak lain.informasi yang berupa:pemberitahuan,permintaan kerja sama,pesanan,pengiriman,klaim,penagihan dan referensi.

2.   Telepon
Penggunaan telepon adalah salah satu cara yang efektif dalam berkomunikasi karena respons dapat langsuhng diperoleh.pelanggan dapat memesan barang yang diinginkan tanpa harus datang ke tempat penjual.

3.   Faksimile
Komunikasi dengan pelanggan bisa juga menggunakan fax .mesin faksimile mampu mengirim dan menerima data dari mana saja dengan cepat.mesin faksimile tidak lain adalah mesin fotokopi jarak jauh (telecopier)yang digunakan untuk mengirim dan menerima data/informasi yang berupa gambar,tulisan,foto,dokumen secara cepat.

4.   E-mail
E-mail merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet dengan cara mengetikkan pesan yang akan dikirim pada prorgram komputer.
C.Komunikasi Visual
Komunikasi visual adalah pelanggan menerima pesan yang disampaikan dengan indera penglihatan ,isyarat tangan atau perubahan pada raut wajah.


Semoga bermanfaat J

Komentar