A.Komunikasi
Langsung
Komunikasi
langsung adalah komunikasi yang terjadi apabila para petugas pelayanan bertemu
secara langsung dan saling bertatap muka.
Langkah-langkah
komunikasi langsung dengan pelanggan adalah:
1.Sapalah pelanggan dengan ramah dan
sopan
2.Hindari sapaan yang dapat menyinggung
perasaan pelanggan
3.Berbicaralah singkat,padat,dan jelas,jangan bertele-tele
4.Ucapkan terimakasih kepada pelanggan
5.Tanyakan maksud dan keperluan pelanggan dengan penuh
keakraban
6.Jangan sekali sekali berbicara menggurui
7.Jika produk yang dicari tidak ada,arahkan pembiacara kepada
produk lain dengan manfaat yang sama
8.Berikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang produk dan
informasi lain yang diinginkan pelanggan
B.Komunikasi
Tidak langsung
Komunikasi tidak
langsung adalah komunikasi yang terjadi jika seseorang tenaga penjual tidak
berhadapan secara langsung dengan pembeli.Media komunikasi adalah alat yang
digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi seseorang kepada orang lain
demi tercapainya tujuan yang ditemtukan.
Alasan
menggunakan media komunikasi adalah sebagai berikut:
1. Pesan
yang disamoaikan sangat kompleks dan terperinci
2.
Jarak
antara penjual dan pembeli cukup jauh
3.
Keterbatasan
waktu yang dimiliki oleh penjual maupun pembeli
Berikut ini
adalah media komunikasi yang sering digunakan dalam komunikasi tidak langsung:
1.
Surat
Surat adalah alat untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara
tertulis dari satu pihak kepihak lain.informasi yang
berupa:pemberitahuan,permintaan kerja sama,pesanan,pengiriman,klaim,penagihan
dan referensi.
2.
Telepon
Penggunaan telepon adalah salah satu cara yang efektif dalam
berkomunikasi karena respons dapat langsuhng diperoleh.pelanggan dapat memesan
barang yang diinginkan tanpa harus datang ke tempat penjual.
3.
Faksimile
Komunikasi dengan pelanggan bisa juga menggunakan fax .mesin faksimile mampu mengirim dan menerima data dari mana
saja dengan cepat.mesin faksimile tidak lain adalah mesin fotokopi jarak jauh
(telecopier)yang digunakan untuk mengirim dan menerima data/informasi yang
berupa gambar,tulisan,foto,dokumen secara cepat.
4.
E-mail
E-mail merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar
melalui internet dengan cara mengetikkan pesan yang akan dikirim pada prorgram
komputer.
C.Komunikasi
Visual
Komunikasi
visual adalah pelanggan menerima pesan yang disampaikan dengan indera
penglihatan ,isyarat tangan atau perubahan pada raut wajah.
Semoga
bermanfaat J
Komentar
Posting Komentar