A.Identifikasi
Barang.
Barang
adalah suatu sifat yang kompleks yang dapat diraba,dan
didalamnya,bungkus,warna,harga,pelayanan yang diterima pembeli guna memuaskan
kebutuhan.
B.Penggolongan
barang
Barang
sebagai alat pemuas kebutuhan mempunyai jenis dan jumlah yang
bermacam-maacm.Berdasarkan tujuan pemakaiannya,barang dapat dibedakan menjadi
barang konsumsi,dan barang industri.
1.Barang
Konsumsi
Barang
konsumsi adalah barang kebutuhan yang dibeli oleh konsumen akhir untuk
digunakan atau dikonsumsi.Barang konsumsi dibedakan menjadi 3,yaitu:
a.Barang
Konvenien
Barang
konvenien adalah barang yang mudah dipakai,tidak memerlukan tempat khusus untuk
mendapatkannya dan bisa dibeli kapanpun.Contoh:Sabun mandi,rokok,air
mineral,obat nyamuk.
b.Barang
shopping
Barang Shopping
adalah kelompok barang dimana untuk membelinya harus melalui proses mencari dan
pertimbangan yang matang,misalnya membandingkan kualitas,harga dan
pelayanan.Barang Shopping terdiri dari:
1.Barang Fashion yaitu barang yang
mempunyai cirikhas atau model.contoh:tas,sepatu,baju.
2.Barang yang memerlukan pelayanan yaitu barang tahan
lama,bernilai tinggi serta memerlukan pemeliharaan dan pelayanan.contoh:alat
alat rumah tangga.
c.Barang
spesial yaitu barang yang memiliki ciri tertentu dan hanya dapat dibeli pada
tempat tertentu pula.
2.Barang
industri
Barang
industri adalah barang yang dibeli guna diproses lebih lanjut untuk kepentingan
industri.barang industri dibedakan menjadi 3golongan:
1.Bahan baku yaitu bahan pokok untuk
membuat barang atau produk lain.contoh:jerami untuk membuat kertas.
2.Bahan setengah jadi yaitu barang yang
sudah mengalami proses produksi dan digunakan untuk melengkapi produk
akhir.contoh:benang untuk membuat tekstil.
3.Perlengkapan operasional yaitu
barang-barang yang digunakan untuk membantu proses produksi maupun kegiatan
lain dalam perusahaan.contoh:meja kursi.
C.Merek
Merek adalah
suatu tanda/simbol yang memberikan identitas suatu barang.merek juga merupakan
cara untuk memperkenalkan barang produksi kita agar mudah dikenali
masyarakat.contohnya air mineral biasanya kita menyebut dengan “Aqua”karena
produk tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kita,dan dari situ sudah
terbukti pentingnya sebuah merek.
D.Kemasan
Kemasan
adalah penempatan produk/Barang yang akan dipasarkan kedalam wadah/tempat yang
dapat melindungi produk tersebut yang biasanya kemasan dibuat dari
bahan:karton,plastik,gelas,botol.
Dalam
kagiatan pemasaran , kemasan memiliki arti penting dalam peningkatan volume
penjualan.seseorang akan tertarik membeli diawali dengan melihat kemasan dari
produk tersebut.sekian terimakasih J
Komentar
Posting Komentar