Definisi barang ,penggolongan barang

A.Identifikasi Barang.
Barang adalah suatu sifat yang kompleks yang dapat diraba,dan didalamnya,bungkus,warna,harga,pelayanan yang diterima pembeli guna memuaskan kebutuhan.

B.Penggolongan barang
Barang sebagai alat pemuas kebutuhan mempunyai jenis dan jumlah yang bermacam-maacm.Berdasarkan tujuan pemakaiannya,barang dapat dibedakan menjadi barang konsumsi,dan barang industri.
1.Barang Konsumsi
Barang konsumsi adalah barang kebutuhan yang dibeli oleh konsumen akhir untuk digunakan atau dikonsumsi.Barang konsumsi dibedakan menjadi 3,yaitu:
a.Barang Konvenien
Barang konvenien adalah barang yang mudah dipakai,tidak memerlukan tempat khusus untuk mendapatkannya dan bisa dibeli kapanpun.Contoh:Sabun mandi,rokok,air mineral,obat nyamuk.
b.Barang shopping
Barang Shopping adalah kelompok barang dimana untuk membelinya harus melalui proses mencari dan pertimbangan yang matang,misalnya membandingkan kualitas,harga dan pelayanan.Barang Shopping terdiri dari:
         1.Barang Fashion yaitu barang yang mempunyai cirikhas         atau model.contoh:tas,sepatu,baju.
2.Barang yang memerlukan pelayanan yaitu barang tahan lama,bernilai tinggi serta memerlukan pemeliharaan dan pelayanan.contoh:alat alat rumah tangga.
c.Barang spesial yaitu barang yang memiliki ciri tertentu dan hanya dapat dibeli pada tempat tertentu pula.
2.Barang industri
Barang industri adalah barang yang dibeli guna diproses lebih lanjut untuk kepentingan industri.barang industri dibedakan menjadi 3golongan:
         1.Bahan baku yaitu bahan pokok untuk membuat barang atau produk lain.contoh:jerami untuk membuat kertas.
         2.Bahan setengah jadi yaitu barang yang sudah mengalami proses produksi dan digunakan untuk melengkapi produk akhir.contoh:benang untuk membuat tekstil.
         3.Perlengkapan operasional yaitu barang-barang yang digunakan untuk membantu proses produksi maupun kegiatan lain dalam perusahaan.contoh:meja kursi.

C.Merek
Merek adalah suatu tanda/simbol yang memberikan identitas suatu barang.merek juga merupakan cara untuk memperkenalkan barang produksi kita agar mudah dikenali masyarakat.contohnya air mineral biasanya kita menyebut dengan “Aqua”karena produk tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga kita,dan dari situ sudah terbukti pentingnya sebuah merek.

D.Kemasan
Kemasan adalah penempatan produk/Barang yang akan dipasarkan kedalam wadah/tempat yang dapat melindungi produk tersebut yang biasanya kemasan dibuat dari bahan:karton,plastik,gelas,botol.

Dalam kagiatan pemasaran , kemasan memiliki arti penting dalam peningkatan volume penjualan.seseorang akan tertarik membeli diawali dengan melihat kemasan dari produk tersebut.sekian terimakasih J

Komentar